PERKANTAS MEDAN

Membangun Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Pembentukan Karakter dan Iman Kristiani Yang Ditandai Dengan Kemuridan

Sabtu, 29 Maret 2008

Perkembangan Pelayanan Siswa di Medan

Memberitakan Injil dan membina para siswa menjadi murid-murid Kristus adalah panggilan bagi Pelayanan Siswa Kristen (PSK) Medan. Melayani remaja/siswa bukan hanya menyelamatkan masa depan mereka, tetapi juga menjalin kesinambungan pelayanan Perkantas karena siswa merupakan bibit bagi pelayanan mahasiswa dan alumni.
Pelayanan siswa di Medan saat ini dikerjakan tiga orang pengurus (siswa), 23 orang Tim Pembimbing Siswa/TPS (Mahasiswa) dan 2 orang Staf Siswa. Mengingat siswa di kota Medan sangat besar jumlahnya, maka PSK-M hadir dengan kegiatan strategis untuk pencapaian visi. Hal ini dikerjakan dengan memprioritaskan pelayanan terhadap sekolah-sekolah potensial, menjalin kerjasama dengan masing-masing sekolah untuk pengembangan pelayanan PSK Medan., melaksanakan Persekutuan Minggu Siswa (PMS) 2 kali dalam sebulan sebagai wadah menjagkau siswa-siswi dan juga pembinaan bagi AKK siswa. Selain itu ada acara temu pengurus kebaktian sekolah setiap 3 bulan sekali, dan juga pembinaan siswa dalam bentuk kelompok kecil.
Saat ini sudah ada 6 SMU dan 2 SMP yang memiliki hubungan pelayanan yang baik dengan PSK Medan. Doakanlah agar tetap terjalin kerjasama yang baik dengan sekolah sekolah ini.
Berikut perkembangan dari masing-masing sekolah:
SMA Negeri 1
Pelayanan di sekolah ini mulai lagi dikembangkan pada tahun 2005 melalui AKK yang berasal dari sekolah ini dan pendekatan kepada pengurus-pengurus Kebaktian Sekolah mereka. Hubungan dengan PSK Medan semakin dekat, pengurus sekolah mengundang pembicara dari Perkantas dan mereka juga sering datangmenghadiri PMS.
Secara kuantitas orang yang terlibat di sekolah ini: alumni 7 orang, 5 di antaranya dipersiapkan untuk menjadi Tim Pembimbing Siswa. Siswa 7 orang, 3 di antaranya pengurus kebaktian sekolah. Doakanlah agar melalui mereka-mereka yang sudah dibina ini, semakin banyak siswa-siswi dijangkau dan dibina.
SMA Negeri 4
Pendekatan ke sekolah ini lebih intensif dikerjakan pada pertengahan tahun 2007. Saat ini hubungan dengan pengurus kebaktian sekolah dan guru pembina semakin baik. Pihak sekolah menjalin kerjasama dengan PSK Medan. Pihak sekolah meminta staf PSK medan menjadi pembicara di retret kelas 3, kebaktian sekolah, pembinaan kepada para calon pengurus kebaktian sekolah dan pentrainer calon MC dan Pemusik. Bahkan pengurus juga sudah mulai mencari PSK Medan untuk mendiskusikan pengelolaan kebaktian mereka. Doakanlah kami yang rutin memperhatikan sekolah ini agar terus diberi kesetiaan, kepekaan dan kemampuan untuk akhirnya ada murid-murid Kristus yang dihasilkan dari sekolah ini. Doakan juga kerinduan kami : ada 5 orang siswa kelas 1 yang sedang didekati untuk diajak masuk KK serta pengadaan pertemuan dan jam doa pengurus kebaktian sekolah yang selama ini belum dilaksanakan.
SMA Negeri 5
Beberapa tahun pelayanan di sekolah ini hanya pada batas kunjungan ke kebaktian sekolah mereka, khotbah pada kebaktian mereka. Dan hanya 1 orang AKK berasal dari sekolah ini. Namun demikian kita tetap bersyukur karena Tuhan tetap peliharakan hubungan ini dan membuka jalan yang lebih baik.
Saat ini teman-teman yang rutin memperhatikan sekolah ini sudah mulai diterima oleh pengurus kebaktian sekolah dan kehadiran mereka sekarang terasa sangat membantu pengurus. Bersyukur 1 orang siswa yang telah dibina itu kini memberi diri untuk mejadi Pembimbing Siswa di sekolah ini. Biasanya alumni dari sekolah tersebut lebih mudah diterima. Doakanlah agar kehadiran 3 TPS disini dapat membantu pengurus dalam pengelolaan kebaktian sekolah dengan benar dan ada AKK yang dapat dijangkau dan dibina.

1 komentar:

ivan mengatakan...

Syalom, apakah saat ini masih ada pelayanan perkantas di SMA 4 ya?
Terimakasih