PERKANTAS MEDAN

Membangun Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Pembentukan Karakter dan Iman Kristiani Yang Ditandai Dengan Kemuridan

Rabu, 24 Oktober 2007

Buletin Doa PMK Medan November

BULETIN & DOA PMK MEDAN

Mengelola Konflik
Dulu orang berpandangan bahwa konflik adalah sesuatu yang pasti negatif dan tidak membangun, apalagi dalam konteks persekutuan. konflik harus dihindari atau diselesaikan dengan segera dan tanpa gejolak. Namun sekarang, baik dalam studi manajemen dan konsep pelayanan, konflik dipandang lebih positif. Tentu ada konflik yang memang merusak dan menyebabkan sebuah pelayanan menjadi disfungsional. Tetapi bila dikelola dengan baik konflik justru akan menjadi sebuah energi positif untuk membangun dan menciptakan kearah yang lebih baik.
Hal pertama yang penting dipahami adalah kenyataan bahwa konflik adalah sesuatu yang alamiah. Yang membedakan seorang dengan yang lain adalah bagaimana seseorang itu menghadapinya. Ada orang yang bersikap menghindar ketika konflik terjadi (avoidance). Bersikap seolah-olah tidak ada konflik dan menghindar ketika hal tersebut dibicarakan. Namun pendekatan seperti ini akan mendangkalkan hubungan dan menyimpan persoalan untuk waktu yang akan datang. Ada orang yang mencoba mendominasi ketika terjadi konflik (win-lose approach). Meski pendekatan ini kelihatannya bisa efektif, tetapi akan meninggalkan kekecewaan dalam hubungan dan bisa menciptakan rasa tidak puas terselubung yang menjadi masalah di masa depan. Ada pula yang mendekati konflik dengan bersikap akomodatif, Yaitu mencoba untuk memuaskan pihak lain sebesar-besarnya (lose-win approach). Meski pendekatan ini bisa membuat pihak lain menjadi senang dan menghargai kita, tetapi dalam jangka panjang cenderung membuat seseorang dipandang lemah dan tidak punya kepemimpinan. Tidak jarang pula muncul kekecewaan tersembunyi yang menyebabkan adanya rasa dimanfaatkan secara tidak adil. Pendekatan yang banyak diambil orang adalah kompromistis, yaitu mendapatkan sebagian dan kehilangan sebagian dari masing-masing pihak. Memang pendekatan ini ada manfaatnya, tetapi tetap tidaklah maksimal dalam menciptakan sinergi dalam suatu pelayanan.
Pendekatan paling baik, dalam manajemen dan juga pelayanan, adalah kolaborasi. Pendekatan ini mencari tingkat kepuasan yang setianggi-tingginya bagi kedua belah pihak (win-win solution). Meskipun pendekatan ini sangat efektif, tetapi harus diakui pendekatan ini membutuhkan kesabaran dan kebijaksanaan untuk melakukannyanya. Seringkali waktu yang dibutuhkan cukup panjang dan melelahkan, tetapi hasil yang didapatkan sepadan dengan usaha yang dilakukan.
Dalam konteks pelayanan, win-win solution ataupun kolaborasi tidak bisa dilakukan tanpa adanya kedewasaan karakter dalam mengimplementasikan pendekatan ini. Untuk melakukan kolaborasi dalam menyelesaikan konflik, maka dibutuhkan setidaknya tiga karakter esensial kepemimpinan kristiani. Yang pertama adalah keredahan hati. Tanpa kerendahan hati seseorang tidak akan bersedia meletakkan dirinya di posisi orang lain. Padahal itulah yang terpenting untuk menciptakan adanya saling pengertian dan empati. Yang kedua adalah pengorbanan. Hal ini artinya kita rela menanggalkan ego dan kesibukan kita, serta menghargai seseorang meskipun ada iritasi dan sakit hati yang ditimbulkannya kepada kita. Yang ketiga adalah kebijaksanaan, artinya sebuah sikap bijak untuk menghasilkan yang terbaik dari seseorang maupun dari situasi yang ada dengan melihat kesempatan dalam kesulitan. Hanya hati yang bijaksana yang melihat menembus rumitnya persoalan kepada sebuah visi tentang masa depan yang lebih baik. (DBS)








Artikel TPPM: Pertumbuhaan vs Pembusukan Sebuah perenungan

Dalam sebuah kunjungan ke rumah alumni mantan pengurus pelayanan mahasiswa, kami berkesempatan diingatkan kembali untuk tidak melupakan hakikat dari kelompok kecil yang salah satunya adalah penginjilan yaitu penjangkauan jiwa-jiwa agar mendengar berita keselamatan dan berbalik dari jalan-jalannya yang sesat kepada Tuhan yang menyatakan kasihNya didalam Yesus Kristus.
Ketika berpamitan dari rumah alumni tersebut kami mendapatkan “bingkisan”.masing-masing sebuah jambu klutuk yang baru dipetik dari pohon jambu depan rumahnya. Jambu klutuk inilah yang diyakini orang memiliki banyak kandungan vitamin C dan bermanfaat menaikkan kadar trombosit. Tidak ada yang istimewa dari jambu klutuk ini hingga 2 hari kemudian ketika saya mau memakannya ternyata kondisinya sudah keriput dan tidak segar lagi. Seketika saya bertanya dalam hati kenapa baru 2 hari jambu ini sudah tidak segar lagi namun sesaat kemudian saya tersadar menemukan jawabannya yaitu jambu tersebut sudah tidak terhubung dengan pohonnya sehingga jambu tersebut sudah tidak dalam proses pertumbuhan. Ya buah jambu yang sudah dipetik (terputus) dari pohonnya akan berhenti mengalami proses pertumbuhan dan ketika proses pertumbuhan berhenti maka yang ada berikutnya adalah proses pembusukan yaitu proses dimana tidak ada pertumbuhan dan perkembangbiakan sel melainkan kematian setiap sel-sel perlahan-lahan. Itulah sebabnya seminggu kemudian setelah saya amati kembali buah jambu tersebut semakin membusuk. Kulit buah jambu yang dulunya mulus kini keriput bahkan telah menimbulkan aroma yang tidak sedap. Saat merenungkan hal ini saya teringat akan kehidupan rohani seorang Kristen yang dituntut untuk bertumbuh sehingga menghasilkan buah yang baik yang dapat dinikmati oleh semua orang. Kehidupan rohani seorang Kristen yang bertumbuh tidak terjadi begitu saja ketika seseorang menjadi lahir baru, dibutuhkan disiplin rohani.dan makanan rohani yang benar yang melahirkan pertumbuhan sehingga menjadi orang percaya yang dewasa.

Setidaknya ada 3 hal yang harus dikerjakan untuk bertumbuh antara lain:
1. Mempelajari firman Tuhan,
2. Bersekutu
3. Bersaksi.
Ketiga hal ini harus dikerjakan agar pertumbuhan rohani tidak tersendat-sendat. Pertumbuhan yang tersendat-sendat akan memberi peluang terjadinya pembusukan. Seperti perumpamaan ranting pada pohon anggur yang akan mati jika tidak terhubung lagi dengan pohon anggur, demikian juga jika pada batang awal dari ranting tersebut diikat sehingga penyaluran sari makanan dari pohon menjadi tersendat-sendat maka suatu saat ranting tersebut akan kerdil dan akhirnya mati.

Dalam mempelajari firman Tuhan dibutuhkan pertolongan Roh kudus agar kita bisa memahami setiap firman yang kita baca tepat seperti yang Tuhan inginkan untuk kita pahami. Sebab itu kita harus taat pada pimpinan Roh kudus dan jangan bersandarkan pada pengertian kita sendiri. Apa yang firman Tuhan katakan dalam alkitab itulah yang seharusnya memenuhi akal pikiran serta hati kita dan bukan sebaliknya. Apa yang ada didalam hati dan pikiran itulah yang selalu kita kerjakan sebab itu kita perlu menjaga hati dan pikiran kita dengan kebenaran firman Tuhan sebagaimana yang dituliskan rasul Paulus: “semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semua itu”.Ada 2 hal yang kita kerjakan dalam bersekutu, yang pertama dan terutama adalah kita bersekutu dengan Tuhan dan yang kedua adalah bersekutu dengan sesama orang percaya. Orang yang percaya kepada Yesus Kristus harus menyediakan waktu untuk berdoa dan bersekutu dengan Bapa surgawi. Allah sendiri telah menyediakan diri-Nya bagi persekutuan ini demi pertumbuhan rohani kita. Namun berdoa bukanlah sekadar berkata-kata, berdoa adalah sebuah relasi. Keharusan lain untuk pertumbuhan rohani adalah bersekutu secara teratur dalam persekutuan orang percaya yang mempercayai Alkitab, mengajarkan kebenaran Injil dan memuliakan Kristus. Persekutuan dengan sesama orang percaya ini mutlak harus dikerjakan didalam gereja, perkumpulan dikampus, dilorong atau ditempat kost sebagaimana yang dituliskan dalam kitab Ibrani 10:24-25 yaitu Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan -- pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
Saat ini ada beberapa orang merendahkan peran gereja setempat. Mereka menganggap "kelompok kecil" atau "mendengar kaset" lebih penting, padahal ibadah digereja tidak dapat digantikan. Demikian pula dengan orang yang menambahkan "gereja elektrik" untuk bersekutu dengan sesama orang yang telah dikuduskan. Program TV dan siaran radio yang menyiarkan renungan dan kotbah-kotbah serta proses ibadah tidak ditujukan untuk menggantikan ibadah Anda di gereja.
Pertumbuhan rohani seorang Kristen melalui persekutuan adalah mutlak sebuah relasi bukanlah sebuah metode atau teknik.
Hal terakhir dalam pertumbuhan rohani adalah bersaksi kepada orang lain dengan teladan dan pengakuan iman. Setelah mengalami kelahiran baru melalui iman dalam Kristus, menerima pengampunan dosa, dan menemukan sukacita dalam pertumbuhan rohani melalui Firman, doa, dan persekutuan, Anda harus memiliki kerinduan untuk membagikan apa yang telah Anda dapat kepada sesama. Jika kita merasa tidak mampu bersaksi itu adalah hal yang wajar untuk pertama kalinya tetapi firman Tuhan ini akan meneguhkan kita: “tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kisah 1:8). Sebab itu permasalahannya ada pada diri kita apakah kita mau memulainya karena kita sudah menerima kuasa untuk bersaksi.
Dari ketiga hal ini kita diingatkan untuk semakin bertumbuh dalam pengenalan yang baik dan benar akan firman Tuhan. Pertumbuhan yang baik akan menghasilkan buah yang baik pula. Kita yang mengerjakan tetapi Roh Kuduslah yang memberi pertumbuhan.
Jika anda tidak sedang bertumbuh, mungkin anda sedang dalam proses pembusukan. Kalau di media televisi ada slogan yang mengingatkan masyarakat untuk senantiasa waspada dalam mengantisipasi kejahatan. Hal senada dapat kita senandungkan “Pembusukan terjadi karena tidak ada pertumbuhan, sebab itu waspadalah, waspadalah!”
Apakah anda sedang bertumbuh?
(Thamrin)

TOPIK DOA KAMPUS
1 November 2007 FIP UNIMED

Andreas Harefa berkata bahwa seorang bayi dapat tumbuh dan berkembang menjadi kanak-kanak, remaja, pemuda, dan dewasa. Ia dapat karena ia dapat memiliki potensi dalam dirinya. Potensi itu tidak diberikan oleh siapa pun selain dari Sang Pencipta kepada manusia kepada manusia sebagai ciptaan-Nya yang unik, kreatif dan tak terbandingkan. Dan, potensi itu diberikan untuk diaktualisasikan,dinyatakan, diberdayakan, dimerdekakan, dikembanbangkan, diasah terus menerus, dan pada gilirannya kelak dipertanggungjawabkan kepada Sang Pemberi.
Dengan demikian setiap tugas yang kita terima dari Tuhan akan kita pertanggungjawabkan kepada Dia.
Bersyukurlah buat pengurus yang masih tetap dapat bekerja sama dengan baik walaupun 5 dari 6 pengurus sedang PPL. Bersyukur buat stambuk 2007 banyak yang rindu untuk dibina. Dan bersyukur buat terbentuknya tim rumah, penjaga perpustakaan dan asisten DEPT.KK. Doakanlah kebaktian ke-2 pada 2 November 2007 agar mahasiswa rindu mengikutinya. Doakan kelompok belajar dan tentoran agar tetap dapat dikerjakan dengan baik. Kami juga merindukan agar mahasiswa stambuk 2007 yang rindu dibina dapat dikelompokkan karena itu doakanlah agar ada yang rindu untuk memimpin mereka. (Tiara)

2 November 2007 ITM
Seberapa berarti kehadiran sebuah pelayanan mahasiswa tidak hanya tergantung pada visi misinya, tetapi juga tergantung pada keunikan pelayanan tersebut. Keunikan yang dimiliki akan memberikan berkat bagi kampus, keluarga, gereja, bangsa dan Negara (Tadius Gunadi).
Bersyukur untuk Retreat penginjilan pada PMB yang telah berlangsung, bersyukur juga untuk tim penginjilan yang telah terbentuk kiranya orang orang yang didalamnya dapat mengerjakan/ mengkoordinir TIM dengan baik.
Mari kita terus dukung dalam doa kampus ini agar tetap memfollow up hasil retreat yang telah terlaksana, doakan juga kebaktian UKM KMK ITM dengan tema indahnya hidup ini tanggal 2 November, pengisian AKK dengan tema Indahnya kelompok kecil tanggal 25 november. Juga berdoa untuk panitia natal Oikumene ITM yang telah terbentuk kiranya dapat mengerjakan tugas masing masing. (Meina)

3 November 2007 FMIPA UNIMED
Hati yang tertawan kepada sesuatu hal, akan membuat kita menginginkannya, makin kita mengiginkannya, makin besar komitmen kita kepadanya, makin besar komitmen kita maka makin besar motivasi kita untuk mencapai keinginan itu. Hati yang tertawan dan yang menimbulkan komitmen akan memotivasi kita untuk menghadapi setiap tantangan yang paling besar sekalipun, dan membuat kita mampu berjalan terus, bahkan jika kita harus membayar harga yang mahal. Biarlah kiranya hati kita semakin tertawan kepada Yesus.
Bersyukur buat penjangkauan mahasiswa baru yang telah di kerjakan baik melalui kebaktian maupun PI Pribadi. Bersyukur buat Tim Rumah, Tim Peralatan, Tim Keyboard, Tim Perintisan Pelayanan Mikroskil dan Panitia Interaksi AKK yang sudah terbentuk. Bersyukur buat training musik keyboard dan gitar serta training MC yang sudah terlaksana.
Doakanlah Nonton bareng tokoh Musa pada tanggal 3 November 2007 agar lewat ini AKK dapat merefleksikan kehidupan Musa. Doakanlah kelompok belajar dan tentoran yang sudah berjalan agar terus dapat dikerjakan dengan efektif. Doakanlah kebaktian II pada tanggal 16 November 2007 dengan tema “ Love, Sex, and Dating” agar dapat dipersiapkan dengan baik dan mahasiswa rindu menghadirinya. Doakanlah diskusi CPKK dan PKK Baru pada tanggal 17 November 2007 agar para CPKK dan PKK Baru rindu mengikutinya dan mereka dimotivasi untuk memimpin. Doakanlah pencarian dana untuk rumah secretariat yang harus dibayar bulan 2 tahun depan. Doakanlah para pengurus memahami sasaran setahun UKMKP agar mereka dapat memantau perkembangan AKK dengan baik. (Tiara)

4 November 2007 FIK UNIMED
Fakultas Ilmu Keolahragaan dituntut selain bisa menguasai mata kuliah wajib, juga memiliki prestasi di bidang olaghraga. Ini membuat mereka harus banyak mengorbankan waktu untuk latihan, tetapi mereka tetap tidak lupa akan tugas dan tanggung jawab mereka untuk turut memuridkan orang lain.
Bersyukur untuk kebaktian PMB yang telah dikerjakan dan ada mahasiswa baru yang sudah dibina. Bersyukur untuk KK yang sudah berjalan dan pertemuan PKK II yang sudah dilakukan dengan dengan materi PA bersama. Bersyukur untuk Tim Rumah, Tim Peralatan, dan Tim Perpustakaan yang telah dibentuk.
Doakanlah jam doa puasa I yang akan dilaksanakan pada 4 November 2007 dan kebaktian II pada 16 November 2007 dengan tema “24 hours“ agar pengurus dapat mempersiapkannya dengan baik. Doakanlah PA bersama PKK dan AKK pada 24 November 2007 agar PKK dan AKK rindu mengikutinya dan semakin paham ber-PA secara induktif. Doakanlah agar Tim yang sudah terbentuk dapat mengerjakan tugasnya dengan maksimal. Doakanlah training MC dan pemusik agar dapat dikelolah dengan baik. (Tiara)



5-6 November 2007 FBS UNIMED

“…anak muda harus berada di depan, bergerak, dan berkarya, ketika ibu pertiwi menangis…” (Anggie D. Widowati)
Ketika kita mempunyai visi menghasilkan alumni-alumni yang mencintai Kristus lebih dari apa pun, kita diharapkan terus mengasah potensi dan karakter kita setiap saat sehingga kita dapat memberikan karya yang manis untuk dinikmati orang lain.
Bersyukur untuk Kebaktian PMB pada 28 September 2007 yang sudah berjalan dengan baik. Bersyukur buat Jam Doa Fakultas I pada 5 Oktober 2007 dan sekaligus pelantikan Tim Rumah, Tim Doa, dan Tim Peralatan. Bersyukur untuk panitia Interaksi AKK yang sudah terbentuk pada 6 Oktober 2007.
Doakanlah kabaktian ke-2 pada 16 November 2007, Jam Doa Fakultas II pada 30 November 2007 agar dapat berjalan dengan baik. Doakanlah English Club yang sudah dilakukan agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal. (Tiara)

7-8 November 2007 UKM KP UNIMED
Yesus mengajar murid-murid-Nya dan berkata dalam Markus 10:43-44 “Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya”.
Keberhasilan seorang pemimpin tidak dilihat dari berapa orang jumlah yang dipimpinnya. Tetapi keberhasilan seorang pemimpin dilihat dari berapa besar kasihnya dan pengorbanannya bagi orang-orang yang dilayani-Nya. Nilai yang paling ditinggikan Yesus adalah suatu etos dan dedikasi untuk menjadi hamba dan pelayanan bagi orang-orang yang dilayani. Inilah test sesungguhnya dari kebesaran seorang pemimpin.
Demikian jugalah harapan kita untuk UKMKP yang saat ini beranggotakan 1431 orang. Kiranya mereka dapat dipimpin untuk semakin mencintai Tuhan. Bersyukur untuk kebaktian penyambutan mahasiswa baru (PMB) tanggal 21 September 2007 dan training baca cepat tanggal 22 -23 September 2007 yang sudah bisa dikerjakan dengan baik. Bahkan buat terbentuknya Tim Rumah, Tim Doa dan Tim Paduan Suara.
Doakanlah agar tim yang ada dapat bekerja sama dengan baik dan bertumbuh dalam pelayanannya. Doakanlah pembentukan “Reading Club” sebagai follow up dari training baca cepat agar dapat dikerjakan dengan maksimal. Doakanlah seminar “Cat and Dog Theology” pada tanggal 10 November 2007 agar AKK rindu menghadirinya dan semakin banyak hati yang rindu untuk melayani Tuhan. Doakanlah pelaksanaan “Class Music” khususnya keyboard sebagai salah satu cara menjawab kebutuhan yang mendesak di UKMKP untuk mencari pemusik. Doakanlah para pengurus yang mengkoordinir pencapaian sasaran tahun II Se-UKMKP agar mereka tetap sehati dan semangat mengerjakan pelayanannya. (Tiara)

9 November 2007 AMIK
Allah tidak memandang kita dari apa yang kita miliki, pun Allah tidak memandang kita dari apa yang tidak kita miliki. Tetapi Allah memandang kita dari sejauh mana kita setia untuk membuahkan apa yang dititipkannya kepada kita. Meski manusia menilai dari apa yang kita miliki dan bagaimana penampilan kita, tetapi Tuhan melihat hati dan ketulusan dihadapanNya.
Bersyukur untuk kebaktian perdana dalam semester ini pada bulan lalu. Selain itu pembentukan panitia natal juga telah dibentuk.
Doakanlah CPKK yang terus dipersiapkan semakin mantap untuk memimpin dalam semester ini. Doakanlah kebaktian PMB yang akan dilaksanakan pada bulan November 2007 dapat dipersiapkan dengan baik. Doakan juga untuk AKK agar semakin bertumbuh di dalam Tuhan.
Doakanlah PKK agar menggembalakan adik-adikmya dengan bai. Dan juga pengurus dapat maksimal mengerjakan pelayanan ini. (HS)



10 November 2007 FIS/FE UNIMED

Kita sering menutup jalur-jalur sukses kita sendiri, dengan biasa terburu-buru mangatakan “Tidak” terhadap jalur-jalur alternatif yang belum pernah kita rambah. Anehnya, kita mudah takluk dan terjebak oleh kebiasaan kita, dan hanya sedikit di antara kita yang sungguh-sungguh bermental petualang dalam setiap situasi kehidupan yang terbentang (Wandi S. Brata), karena itu jangan takut untuk memulai suatu perubahan demi mencapai suatu tujuan. Itu jugalah harapan kita untuk UP-FIS/FE ketika tahun ini sudah dibentuk UP-FE.
Bersyukur untuk semua KK yang sudah berjalan, untuk Kebaktian PMB FIS dan Kebaktian PMB FE dan juga Jam Doa Fakultas I yang sudah dapat dikerjakan dengan baik. Bersyukur telah terbentuk Panitia retreat AKK UP-FIS/FE sebanyak 14 orang dan telah terbentuk tim rumah, tim peralatan serta tim perintis pelayanan Akpar. Doakanlah agar seluruh panitia retreat semangat melayani, dan retreat direncanakan tanggal 8-10 Februari 2008 di Gelora Kasih dengan tema “Saved by Grace In To The Body of Christ”. Doakanlah agar setiap tim juga dapat melayani dengan baik dan bertumbuh dalam pelayanan mereka. (Tiara)


11 November 2007 UMA
Tuhan senantiasa memberi berkat yang baru pada tiap anak anakNya, dan sebagai anak anak Tuhan kita terus tetap berharap agar tiap apa yang kita kerjakan baik secara pribadi maupun untuk dalam pelayanan kita kita dapat berikan yang terbaik,ini merupakan ucapan syukur kita pada NYA.
Bersyukur untuk kebaktian yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober yang lalu, juga untuk pertemuan PKPA tanggal 6 Oktober biarlah melalui pertemuan tersebut setiap PKPA terus dapat menggembalakan adik adik. Bersyukur untuk kebaktian dengan tema ” Best or best” dilaksanakan pada tanggal 1 Nov 2007
Doakan untuk program training gitaris pada tanggal 13 November agar tiap talenta yang dimiliki dapat dikembangkan dengan baik. PI komponen tanggal 14 November. Doakan juga untuk kesehatian pengurus dan keterbebanan dalam mengerjakan pelayanan semakin baik. (Meina)

12-13 November 2007 Guatemala


Apa yang kamu butuhkan dalam hidup untuk bahagia? Persahabatan, Cinta, danKesehatan adalah jawaban yang paling umum diberikan oleh mahasiswa di universitas San Carlos di Guatomala. Hasil ini didapat dari survei yang dilakukan oleh GEU (IFES yang ada di Guatemala). Sebagai bagian dari hari “My Philosphy of life”, sekitar 275 mahasiswa mendengarkan Jose Bonilla (Staf IFES dari Amerika Latin), ketika dia berbicara tentang kitab Pengkotbah. Dan kepenuhan dari hidup. Khotbah ini menantang untuk mengerti hidup yang berarti dengan Dia sebagai pusat. Doakanlah dampak dari kegiatan tersebut dimana mahasiswa yang menghadiri acara tersebut akan menemukan arti yang sebenarnya dari hidup dan kebenaran yang sejati yang dapat ditemukan didalam Dia. (Www.ifesworld.org)
13 November 2007 UNIKA
Waktu demi waktupun berlalu dengan penuh sukacita di tengah-tengah pelayanan mahasiswa kampus UNIKA. Ada begitu banyak karya Tuhan yang nyata dalam pelayanan ini. Benarlah yang dikatakan oleh pemazmur bahwa :”Banyaklah yang telah Kau lakukan, jiwakupun menyadarinya…” Tuhan memampukan pengurus dalam mengerjakan pelayanan ini, Tuhan memberikan mahiswa/I yang rindu untuk dibina, Tuhan menolong dalam pengerjaan tiap-tiap program dan Tuhanpun mencukupkan setiap kebutuhan dana. Hal ini membuat KMK UNIKA terus giat dalam memperjuangkan penggenapan visi kita yaitu : 'Student to day leader tomorrow”.
Mari bersama ambil bagian dalam penggenapan visi Tuhan di kampus UNIKA dengan mendoakan agar tercipta kerjasama yang harmonis antara koordinasi, AKK, tim kerja pelayanan serta alumni. Masing-masing menyadari fungsinya dan melakukan dengan giat fungsi-fungsinya tersebut. Mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, tangan untuk bekerja, kaki untuk berjalan. Doa adalah tonggak bagi pelayanan ini, oleh sebab itu mari kita doakan jam doa pelayanan yang dilakukan seminggu seklai pada setiap hari Selasa dapat dihadiri oleh seluruh pengurus dan mereka bertumbuh di dalamnya. Beberapa program untuk AKK pun patut untuk kita doakan yaitu: jam doa AKK pada tgl 10 November 2007, pengisian AKK tentang Kristologi pada tanggal 17 November 2007 dan kebersamaan AKK pada tanggal 24 November 2007.
Semester baru adalah moment yang tak dibiarkan berlalu demikian saja, tetapi menjadi moment PI dalam pelayanan ini. Koordinasi dan AKK berjuang dalam PI ke mahasiswa/i baru, doakanlah agar Injil yang diberitakan diresponi oleh mahasiswa/i baru di kampus ini.
Tuhan membangun, Tuhan ini jugalah yang akan memelihara pelayanan ini. Demikianlah keyakinan kita bagi pelayanan mahasiswa di kampus UNIKA ini. (Lina)


14-15 November 2007 UKM KMK USU
John Stott memberikan definisi yang sangat luar biasa mengenai visi sebagai 'ketidakpuasan yang mendalam tentang fakta sebagaimana adanya masa kini, yang membangkitkan pandangan yang amat tajam tentang masa depan yang seharusnya terjadi sebagai suatu kemungkinan'. Karena itu bisa berisi amarah terhadap suatu status quo yang menjelma menjadi usaha serius untuk mencari alternatif.
Pelayanan memiliki keunikan dan pelayanan strategis. Pelayanan mahasiswa dibangun dengan dasar visi yang merindukan lahirnya alumni-alumni yang sungguh mencintai Tuhan yang akhirnya menjadi garam dan terang di dalam kehidupan keluarga, gereja, masyarakat dan bangsa. Dalam mewujudkan visi pelayanan mahasiswa pelayanan kelompok kecil bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk menolong dalam membangun dasar-dasar kehidupan rohani seseorang, sehingga efektif sebagai tulang punggng pembinaan pelayanan mahasiswa. Suasana kampus yang relatif homogen dari segi usia, intelektulitas, dan dunia yang di hidupi merupakan salah satu faktor yang mendukung tumbuh suburnya pelayanan kelompok kecil. (DBS)
Demikianlah kiranya juga harapan ini terwujud dalam pelayanan UKM KMK USU. Berdasarkan data pemaparan program Agustus 2007 yang lalu, kampus ini mempunyai sekitar 1987 AKK terbentuk dalam 549 KK yang di gembalakan sekitar 469 PKK. CPKK berkisar 257 orang, mahasiswa yang baru dibina dalam kelompok PIPA sekitar 211 orang terbentuk dalam 55 kelompok. Selain itu ada 178 orang koordinasi dalam 12 Unit Pelayanan. Dari data ini kita dapat melihat keadaan pelayanan di USU. Tetapi kita bersyukur kepada Tuhan untuk orang-orang yang tetap setia. Beberapa alumni yang bermisi di berbagai tempat.
Mari kita mendukung dalam doa agar produk pelayanan ini dapat mewujudkan visi yang Tuhan taruhkan. (HS)







16-17 November 2007 US XII
Kelompok Kecil bertujuan untuk menghasilkan murid Kristus. Di dalam Kelompok, seseorang dibentuk untuk menjadi dewasa bukan sekedar tahu banyak tentang kerohanian melainkan mengalami pertumbuhan yang progresif dan konsisten dan merupakan suatu proses panjang yang membutuhkan penanganan yang baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan Kelompok Kecil tersebut di atas adalah Pengelolaan Kelompok Kecil. Tanpa pengelolaan KK, memang kelompok dapat berjalan, tetapi tanpa target bahkan akan terjebak pada rutinitas dan imitasi dari apa yang dilakukan orang lain dan akan sulit untuk mencapai tujuan. (Esni)
Demikianlah harapannya dapat dikerjakan dalam pelayanan US XII. Bersyukur untu penyertaan Tuhan dalam pelayanan ini. Bersyukur untu penggalangan dana rumah persekutuan melalui aksi photo. Bersyukur untuk persentasi KMK US XII kepada mahasiswa baru,melalui kegiatan ini mereka mau untuk ikut dalam pembinaan.
Doakanlah panitia natal yang telah terbentuk agar dapat mempersiapkan natal dengan baik. Doakan juga AKK yang baru kelompok dan yang telah kelompok semakin bertumbuh. Doakanlah koordinasi agar maksimal mengerjakan pelayanan. (HS)

18-19 November 2007 FT UNIMED
Keberhasilan sebuah pelayanan tidak hanya terlihat dari kuantitas semata tetapi kualitas dari yang dihasilkan pelayanan tersebut merupakan point yang sangat penting. Karena orang orang yang memiliki kualitas seorang murid Kristus inilah yang nantinya akan memberi dampak positif dalam kehidupan.
Bersyukur untuk kebaktiantanggal 5 Ooktober yang lalu, juga syukur pada Allah untuk perekrutan mahasiswa baru.
Bersyukur untuk diskusi kepemimpinan pribadi ”kupas tuntas'' tanggal 3 November. Doakalah agar tiap pengurus tetap memiliki keterbebanan dan semangat yang tinggi. Doakan juga agar PKK tetap dapat mentransfer hidup yang benar serta bebab pelayanan. (Meina)

19 November 2007 PMdK Medan
PMdK adalah Persekutuam Medis Kristen Medan. Pelayanan ini ada khusus membina orang-orang medis. Sehubungan dengan hal ini pada tanggal 7 Oktober 2007 yang lalu telah diselenggarakan Seminar Sehari Etika Medis.
Seminar ini mengupas tentang bentuk pelanggaran terhadap undang-undang dan KODEKI yang sering dijumpai belakangan ini. Banyak dokter/dokter gigi yang membuka praktek di klinik tanpa Surat Izin Praktek (SIP). Selain itu kita juga menemukan para dokter yang melayani pasien yang tidak sesuai kompetensi yang dimilikinya. Banyaknya jumlah co-ass yang magang di klinik. Bagaimana sebenarnya hal ini ditinjau dari KODEKI dan iman Kristian.
Seminar ini dilayani oleh dr. Dodi Hendradi, Sp.OG dari Lampung dan dr. Tuan Juniar Situmorang dari Jakarta.
Selain itu, PMdK Medan juga kembali mengadakan bakti sosial ke desa Paloh Magna dan Paloh Subur daerah Belawan, yang dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2007. Doakanlah pelayanan ini dapat semakin memperlengkapi mahasiswa medis agar menjadi dokter-dokter yang berintegritas. (HS)

20 November 2007 EROPA
Eropa mempunyai sejarah yang panjang dalam mengirim misionaris ke semua bangsa-. Puji Tuhan, tetapi makin bertambah pengakuan bahwa Eropa juga merupakan ladang misi yang sangat membutuhkan pelayanan. Terpujilah Tuhan untuk 50 orang staf IFES dan sukarelawan, sekarang ini bekerja untuk kerajaan Allah diantara pelajar-pelajar universitas di 20 lokasi yang berbeda diseluruh Eropa.
Silahkan bergabung dengan kami dalam doa untuk mereka supaya mereka mengetahui pelajar dan staf dalam gerakan pelayanan yang mereka ikuti. Doakanlah khususnya agar mereka belajar lebih lagi tenteng budaya dimana mereka berada, dan dalam beberapa situasi mereka harus belajar bahasa yang baru. Doakan untuk pertolongan Tuhan, untuk kesabaran dan ketekunan untuk mengerjakan pelayanan. Salah satu anggota tim yang berpusat di Eropa minta dukungan doa agar tidak letih untuk belajar.
Kami bersyukur kepada Tuhan atas dukungan sehingga mereka dapat menjadi bagian dari kegerakan pelajar, doakanlah untuk perjalanan mereka bersama Dia tiap-tiap hari Kiranya Tuhan menguatkan dan meneguhkan mereka.
Catt: IFES (International Fellowship of Evangelical Students) di Indonesia dikenal dengan Perkantas (Persekutuan Kristen Antar Universitas). Staf adalah orang-orang yang mendedikasikan diri melayani sebagai fulltaime. (Www.ifesworld.org)

22-23 November 2007 Padang
Perkuliahan kembali di mulai, mahasiswa baru sedang mulai beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan para mahasiswa lama melanjutkan studinya dan beberapa diantara AKK yang kuliah di Unand sudah menyelesaikan studi dan akan di wisuda pada tgl 27 Oktober '07. para AKK yang PKL pun sudah kembali ke Padang setelah +/- 1,5 bulan melakukan praktek kerja di tempat lain. Pelayanan pun kembali bergerak setelah lebih sebulan tidak banyak kegiatan yang dilakukan karena libur dan PKL nya mahasiswa..
Penjangkauan mahasiswa baru angkatan 2007 sedang terus dilakukan. Saat ini sedang dimulai 6 KK baru dengan anggota direncanakan 6 orang tiap kelompok. 4 KK PIPA sudah mulai berjalan, walaupun anggotanya belum lengkap hadir karena beberapa sedang di follow up setelah kehadiran mereka dalam acara PMB. 2 KK PIPA lainnya sudah di follow up untuk dapat dimulai pada minggu ini. Mahasiswa pria yang akan di KK kan sekitar setengah dari jumlah calon AKK baru. Doakan lah agar KK ini dapat terbina dengan baik, setia dan bertumbuh. Doakan juga 5 orang PKK nya yang merupakan pemimpin baru agar di mampukan untuk menjadi pemimpin KK yang baik.
Regenerasi Pengurus PMK kota padang direncanakan dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2007. Saat ini sedang dilakukan persiapan secara intensif dengan pengisian kuesioner dan pembekalan melalui sharing dan pertemuan calon-calon pengurus. Doakan 12 orang calon pengurus yang sedang dipersiapkan dan berdoa agar rela dan siap memberi diri untuk melanjutkan estafet pelayanan PMK kota Padang.
Raker PMK Kota padang direncanakan pada tanggal 6-7 oktober '07 untuk mengevaluasi pelayanan selama setahun dan pembuatan program untuk setahun ke depan. (HS)

24-25 November 2007 Papua Nugini

Papua Nugini melawan AIDS.



Epidemik AIDS menyebar di Papua Nugini dan dengan cepat mendekati level yang kritis dan sekarang ini mempengaruhi sub-Saharan Afrika. Papua Nugini adalah negara yang memiliki kurang lebih 6 juta orang dan ada 900 ratus bahasa. Perbedaan budaya dan bahasa ini membuat masalah pada semua level dan khususnya untuk membangkitkan kesadaran seluruh isu-isu seperti HIV dan AIDS.
Yando, seorang staf di TSCF PNG (Perkantas Papua Nugini) meminta berdoa agar staf dan mahasiswa dituntun berusaha untuk mengkomunikasikan kabar baik dengan cara yang relevan dengan budaya yang ada. Mereka sekarang ini sedang membuat sebuah buklet yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban mengenai isu AIDS dan hubungan pada umumnya.
Doakanlah agar hal tersebut menjadi penolong bagi mahasiswa. Bersyukur untuk kerjasama yang baik diantara regional dimana mereka bekerja bersama untuk menyatkana kemajuan dari kerajaan Allah di Pasifik. (Www.ifesworld.org)

25 November 2007 FMIPA UNIMED
FMIPA USU merupakan salah satu fakultas yang menghasilkan sarjana sains. Yang di dalamnya terdapat berbagai jurusan eksakta. Terpujilah Tuhan yang telah membentuk pelayanan mahasiswa hadir dikampus ini melalui anak-anaknya. Lebih kurang 50% mahasiswa di fakultas ini menganut agama Nasrani. Saat ini ada sekitar 270 orang AKK yang mengikuti pembinaan dalam pelayanan mahasiswa.
Doakanlah agar AKK dapat memberi warna yang berbeda di kampus dan mengalami pertumbuhan hari demi hari. Doakan juga PKK sebagaian besar diantaranya sudah alumni dan bekerja dapat tetap dengan tekun memimpin adik-adiknya dan menjadi garam dan terang di tempat mereka bekerja.
Mohon dukungan doa untuk koordinasi agar tetap setia mengerjakan pelayanan dan juga tanggungjawab mereka dalam studi.
Pada bulan Oktober yang lalu mahasiswa USU telah mengikuti ujian tengah semester, salah satu kasus yang ditemukan hampir semua mahasiswa DIII di fakultas ini tidak ada dosen yang mengawas, pengawas diserahkan kepada pegawai atau mahasiswa sendiri. Tak jarang mahasiswa yang mengenal pegawai yang mengawas mengadakan kerjasama agar bebas dalam ujian.
Mohon dukungan doa agar koordinasi Tuhan tolong untuk bertindak dengan hikmat dalam kasus ini, agar hal ini tidak terualang lagi dalam UAS kedepan. (HS)

27-28 November 2007 PMK Medan
”Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan Kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat Rohani di dalam sorga. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya” (Efesus 1:3-4).

Perkantas Medan dalam melaksanakan panggilannya sebagai alat Tuhan untuk melayani kaum intelektual perlu melakukan pengorganisasian pengurus. Sehubungan dengan hal tersebut, pada tanggal 28 Oktober 2007 telah dilaksanakan pelantikan pengurus di masing-masing komponendalam hal ini PMK Medan salah satu komponen Perkantas juga telah mengadakan pelantikan pengurus periode 2007/2009, yang antara lain : Marojahan (USU), Kristin (UNIMED), Pita sari (UNIMED), Parlod (USU), Srima (UNIMED), Ledi (USU), Lidia (Polmed), Sri Helen (UNIMED), Bona (USU), Susiana (USU).
Doakanlah agar mereka Tuhan mampukan dalam mengerjakan kepengurusan di PMK Medan, dan mereka semakin bertumbuh di di dalam Kritus. Doakan juga pengurus periode 2005/2007 untuk tetap setia mengerjakan pelayanan bagi Tuhan. (HS)

29-30 November 2007 UMI
“Biarkan kasih yang tidak mengenal batas mengalir bagai hujan yang deras, memberi kita harta yang tak ternilai harganya, yang didamba manusia dan yang Allah beri, tiap hati yang berat menjadi berseri, tinggal di dalam persekutuan, roh yang penuh kedamaian” Demikianlah kutipan lirik salah satu himne karya Gerhardt, seorang pendeta Jerman abad 17. Biarlah lagu ini menjadi ungkapan hati kita. Kasih tetap terus mengalir, menjadi sumber suka cita dan damai. Kasih adalah harta yang sangat mahal dan tak ternilai harganya, kita pasti menyetujuinya. Karena kasih, pelayanan UKM.KMK.UMI masih tetap Tuhan pelihara untuk hadir menjangkau mahasiswa untuk dibina menjadi calon-calon pemimpin ke depan. Karena kasih, kesehatian pengurus tetap terjaga untuk mengerjakannya. Syukur bagi Tuhan karena persekutuan yang semakin erat dirasakan para AKK lewat acara ”Games day” Sept yang lalu. Syukur atas kebaktian PMB, pengisian serta jam doa pengurus & AKK yang boleh dinikmati bersama. Doakanlah agar koordinasi tetap semangat mengerjakan pelayanan ini dan mau belajar dari hasil evaluasi bulan Sept untuk lebih baik lagi di bulan berikutnya. Doakanlah, dana perayaan HUT KMK UMI yang ke-20 bulan Nov nanti yang masih belum tercukupi dimana target dana ± 4 juta namun dana yang sudah dicapai ± 1 juta. Doakanlah, kebaktian ke-2 di semester ini juga kelas CPKPA yang terus berlanjut serta jam doa pengurus. (Eva J.S)

RENUNGAN PERJALANAAN KEHIDUPAN
Anakku yang kusayangi………
Pada suatu saat dikala kamu menyadari bahwa aku telah menjadi sangat tua, cobalah berlaku sabar dan cobalah mengerti aku.
Jika banyak makanan yang tercecer dikala aku makan….…

Jika aku mendapat kesulitan dalam mengenakan pakaianku sendiri……
sabarlah !
Kenanglah saat-saat dimana aku meluangkan waktuku untuk mengajarimu tentang segala hal yang kau perlu tahu, ketika kau masih kecil.

Jika aku mengulang mengatakan hal yang sama berpuluh kali, jangan menghentikanku! Dengarlah aku !
Ketika kau kecil, kau selalu memintaku membacakanmu cerita yang sama berulang-ulang, dari malam yang satu ke malam yang lain hinga kau tertidur. Dan aku lakukan itu untukmu !
Jika aku enggan mandi, jangan memarahiku dan jangan katakan kepadaku bahwa itu memalukan.
Ingatlah berapa banyak pengertian yang kuberikan padamu menyuruhmu mandi dikala kecilmu.
By seeing my ignorance
towards the new technologies, do not laugh of me but leave me rather the time to understand

Aku mengajarimu banyak hal …. Cara makan yang baik……cara berpakaian yang baik…….berperilaku yang baik………..bagaimana menghadapi problem dalam kehidupan…..
Jika terkadang aku menjadi pelupa dan aku tidak dapat mengerti dan mengikuti pembicaraan, beri aku waktu untuk mengingat dan jika aku gagal melakukannya jangan sombong dan memarahiku, karena yang penting bagiku adalah….aku dapat bersamamu dan dapat berbicara padamu.

Jika aku tak mau makan, jangan paksa aku !
Aku tahu bilamana aku lapar dan kapan aku tak lapar.
Ketika kakiku tak lagi mampu menyangga tubuhku, untuk bergerak seperti sebelumnya…..
Bantulah aku dengan cara yang sama ketika aku merengkuhmu dalam tanganku, mengajarimu melakukan langkah-langkah persamamu……

Dan kala suatu saat nanti, ketika aku katakan padamu bahwa aku tak lagi ingin hidup…………, ketika aku ingin mati….., jangan marah…, karena pada saatnya nanti kau juga akan mengerti !
Cobalah untuk mengerti bahwa pada usia tertentu, kita tidak benar-benar “hidup” lagi, kita hanya “tidak mati”.

Suatu hari kelak kau akan mengerti bahwa di samping semua kesalahan yang aku buat, aku selalu ingin apa yang terbaik bagimu dan bahwa aku siapkan dasar bagi perkembangan dan kehidupanmu kelak.
Kau tak usah merasa sedih, tidak beruntung atau gagal di hadapanku melihat kondisiku dan usia ku yang sudah bertambah tua.

Kau harus ada didekatku, mencoba mengerti aku bahwa hidupku adalah bagimu, bagi kesuksesanmu, seperti apa yang kulakukan pada saat kau lahir.
Bantulah aku untuk berjalan, bantulah aku pada akhir hidupku dengan cinta dan kesabaran.
Satu hal yang membuatku harus berterimakasih padamu adalah senyum dan kecintanmu padaku.
Aku mencintaimu anakku………
Hai anak-anak taatilah orang tuamu didalam Tuhan karena haruslah demikian. (Efs 6:1)

Apakah Suplemen Penting Untuk Dikonsumsi!

Setiap hari melalui media, baik media cetak maupun elektronik, sering sekali kita disuguhi iklan-iklan yang membuat seolah-olah kita sangat membutuhkan suplemen. Saat ini ada sekitar 3500 jenis produk suplemen yang diizinkan beredar di Indonesia. Kebanyakan orang menggunakan produk ini korban dari iklan, tanpa menelaah lebih lanjut kegunaan suplemen itu sendiri. Dalam gaya hidup modern yang serba cepat, pemenuhan gizi dari makanan sehari-hari kerap terabaikan, dan orang sering kali memanfaatkan produk suplemen untuk mensiasati kekurangan gizi tersebut.
Suplemen bukan pengganti makanan kita sehari-hari, tapi hanya sebagai pelengkap bila kebutuhan nutrisi sebagai kebutuhan pokok tidak terpenuhi. Siapa yang membutuhkan suplemen? Mereka adalah orang yang memiliki pola makan yang tidak teratur juga yang sering mengkonsumsi junk food atau fast food, pekerja keras seperti kuli pelabuhan atau bangunan yang tidak memiliki waktu olahraga teratur, orang sakit atau sedang dalam proses pemulihan, orang yang bekerja di lingkungan yang rentan dengan stress, sedang dalam kondisi tertentu, misalnya hamil, menyusui, menstruasi.
Jenis suplemen yang banyak diiklankan adalah berbagai jenis vitamin khususnya vitamin C, Kalsium, minuman berenergi, bahkan minuman yang katanya bukan untuk otot saja, tapi untuk “otak” juga, belakangan muncul suplemen zat besi atau Fe. Apakah semua suplemen ini penting dan kita butuhkan? Sejauh mana iklan ini memberi pengaruh bagi kita? Saya melihat sendiri, banyak teman yang merasa sedikit kelelahan langsung mengkonsumsi vitamin dosis tinggi dengan alasan supaya tubuh tetap fit dan bugar ketika melakukan aktivitas. Perlukah kita bertindak sejauh itu?
Kita ambil contoh vitamin C, dosis konsumsi vitamin C adalah 90 mg/hari (untuk laki-laki berusia lebih dari 18 thn); 75 mg/hari (untuk perempuan berusia lebih dari 18 thn); 85 mg/hari (untuk ibu hamil berusia lebih dari 18 thn); 120 mg/hari (untuk ibu menyusui berusia lebih dari 18 thn). Jadi kebutuhan vitamin C paling tinggi adalah pada ibu menyusui, sebesar 120 mg/hari. Dan apa yang kita saksikan di iklan hampir setiap hari? "One thousand miligrams of vitamin C", kata Amelia Vega, "Vitamin C 1000 mg, agar tak mudah sakit", kata iklan lain. Kebutuhan tersebut hampir 10 kali lipat dari kebutuhan ibu menyusui! Lalu, kemana sisa vitamin C yang tidak terserap? Tentu saja keluar lagi dalam bentuk larutan alias terlarut dalam air melalui keringat dan urine. Sayang sekali, kita membeli mahal hanya untuk dibuang!
Memang benar, pencegah supaya tidak jatuh sakit adalah salah satu kegunaan suplemen vitamin C. Kegunaan vitamin C diantaranya : 1) mengobati kekurangan vitamin C (scurvy, scorbut), 2) pencegahan flu (cold) hingga 50% dalam lingkungan ekstrim (sub-artik, pelari maraton, pemain ski), 3) memperbaiki penyerapan zat besi. Di luar itu, pencegahan dan pengobatan flu secara umum (maksudnya untuk orang-orang dalam kondisi normal).
Jika ditinjau kembali, dengan mengkonsumsi buah segar dan sayuran, kebutuhan kita akan berbagai vitamin dan mineral terpenuhi. Bukan hanya itu saja, kita akan mendapatkan serat yang baik untuk membantu pencernaan juga pencegah kanker usus besar dan tentu saja rasa enak dan segar dari buah dan sayuran tersebut. Yang terakhir, buat latihan pencernaan, kalau jarang dipakai, pencernaan khususnya usus bisa jadi malas karena peristaltiknya terganggu. Jadi back to nature tetap jauh lebih baik.
(Anike Sirait diambil dari berbagai sumber)


Dari Redaksi
Diantara suasana sehabis berlebaran dan ramainya pembentukan panitia natal, kami hadirkan sebuah tulisan bagaimana mengelolah konflik ketika konflik hadir ditengah-tengah persekutuan dalam interaksi sesama kita. Juga sebuah perenungan dari TPPM bertemakan Pertumbuhan vs Pembusukan kiranya menolong kita untuk “kembali fitrah” setelah banyaknya ‘aktifitas’ pelayanan yang kita kerjakan.
Dalam edisi kali ini redaksi menambahkan topik-topik doa dari IFES (International Fellowship of Evangelical Students) dengan tujuan untuk menimbulkan rasa memiliki dan kepekaan bahwa pelayanan mahasiswa di Medan juga merupakan salah satu bagian rencana Tuhan yang mengerjakan pelayanan mahasiswa se-dunia. Kiranya topik-topik doa dari kampus dan UP yang berbeda juga mengingatkan kita bahwa kita semua adalah satu tubuh dalam Kristus. Bicara tentang tubuh jasmani tak lupa artikel kesehatan dari Anike Sirait, mahasiswi FK USU.
Dan Akhirnya tim buletin dan redaksi memohon maaf buat kesalahan penulisan dan keterlambatan penerbitan yang pernah terjadi dan kami sangat mengharapkan masukan serta kritik demi perbaikan buletin pelayanan mahasiswa ini kedepan. Selamat Berdoa. (TA)


MUTIARA-MUTIARA KEHIDUPAN
Diujung masa pelayanannya sebagai hakim, keteladanan Samuel bukan kendor dan merosot seperti kebanyakan pemimpin lainnya, sebaliknya justru
mengklimaks.
Berkilaulah di senja zaman hakim-hakim itu tiga
mutiara kehidupan, kebesaran jiwa, integritas
Yang teruji,
dan komitmen yang teguh kepada panggilan.
Bukti bahwa karya Allah tetap berlangsung dalam
periode waktu Yang paling gelap sekalipun
(Eric Sudarma)

1 komentar:

usdaneva / @irawatystg mengatakan...

Britanya kurang up to date ya...

Buldo PMKnya masih yang November...

Saran: bloggernya kan da dipublish, qt da pada tw ni...so britanya di perhatiin dunk...
tq ya...Smangat!!!!...